Inilah Aplikasi UMKM dan Sarana Pendamping UMKM Konektifa – Karya Anak Bangsa yang patut dibanggakan

Inilah Aplikasi UMKM dan Sarana Pendamping UMKM Konektifa – Karya Anak Bangsa yang patut dibanggakan


Halo semuanya, kali ini saya akan menulis informasi tentang aplikasi atau perangkat lunak yang berbasis web yaitu Konektifa. Menurut websitenya :
Konektifa adalah aplikasi UMKM mengatur pembukuan usaha dan menghubungkan usaha kita ke usaha lain. Dengan basis web, Konektifa dapat diakses dari browser yang dapat dibuka di komputer, tablet maupun HP. Data kita disimpan di penyimpanan cloud di internet sehingga aman dan bisa dibuka di mana saja.

Kita ketahui bahwa salah satu dasar dari perekonomian rakyat adalah lewat UMKM dikarenakan dari sini lah roda ekonomi rakyat kecil dan menengah berjalan. Jika UMKM tidak didukung baik dari pemerintah maupun pihak lainnya ini merupakan suatu hal sangat memprihatinkan. Saya pernah membaca sekelas negara jepang saja mereka sangat mendukung berkembangnya UMKM. Namun di Indonesia sepertinya dukungan dari pemerintah masih belum sesuai seperti yang di inginkan para pelaku UMKM. Mungkin masih terbatas retorika semata atau memang kita yang tidak tahu perkembangnnya karena tidak dipublikasikan. Salah satu yang menjadi kesulitan adalah biasanya para pelaku UMKM mengenai masalah permodalan. Permodalan UMKM merupakan salah satu aspek yang menyebabkan kurang berkembangnya UMKM. Untuk itu dibutuhkan dukungan dari segala pihak tidak hanya dari pemerintah saja namun pihak-pihak yang lain diharapkan mampu mendukung berkembangnya UMKM. Selain masalah permodalan, Pelatihan UMKM juga menjadi salah satu aspek yang harus terus difasilitasi untuk semakin berkembangnya. Dengan adanya Pelatihan UMKM diharapakan pelaku UMKM bisa memperbaiki dan mengembangkan usaha mereka. Selain bisa bisa menambah wawasan dan strategi usaha, dengan pelatihan mereka bisa mengoreksi apa kekurangan dari usaha atau strategi yang mereka miliki sehingga bisa mengoreksi diri dan membuatnya semakin berkembang. Hal inilah yang mungkin masih jarang dirasakan, pelaku UMKM selama ini masih berjuang sendiri dalam membangun usahanya.
Di dalam aplikasi konektifa ini kita bisa mencatat stok barang, penjualan, pembelian, sampai ke data-data para pemasok dan pelanggan kita. Pembukuan menjadi rapi, sehingga laporan kita sudah siap jika ingin dibawa untuk mengajukan bantuan modal ke instansi keuangan atau perbankan. 
Semua hal diatas adalah sistem yang bisa mendukung pelaku UMKM semakin berkembang. Dengan adanya pencatatan stok barang tentunya pelaku usaha tidak dipusingkan dan membuang-buang waktu hanya untuk mengurusi ketersediaan stok barang mereka bahkan banyak yang merasa kerepotan dengan hal ini. Dengan sistem ini bisa mencatat pembelian dan penjualan. Menurut saya ini sangat membantu sekali karena sudah tersistem dengan baik, kalau dipasar biasanya pembelian dan penjualan dicatat dikertas buku biasa jika ingin menghitung harus dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun dengan aplikasi ini tentunya kita akan lebih dimudahkan. Aplikasi ini juga bisa mencatat para pemasok dan pelanggan yang mungkin selama ini sulit untuk dilakukan.
Menurut website resminya,
Saat ini Konektifa sudah memfasilitasi lebih dari 400 user yang menghubungkan berbagai UMKM yang tersebar di 10 provinsi di Indonesia. Konektifa memungkinkan UMKM yang tersebar di berbagai daerah untuk saling bekerja sama dalam hal transaksi, memasok barang hingga proses jual-beli.
Mungkin tinggal menunggu waktu saja aplikasi ini akan berkembang dengan pesat karena sudah 10 provinsi dan mungkin akan terus bertambah dengan perkembangan teknologi dan kesadaran ekonomi yang mulai dirasakan oleh masyarakat.
Konektifa ini gratis karena dibuat sebagai sarana pendamping UMKM. Pengguna Konektifa juga bisa jadi supplier dan reseller. Kalau kita produsen pertama, kita bisa pakai Konektifa untuk mendapatkan reseller. Kalau kita baru mau mulai usaha dan tidak punya koneksi, kita bisa daftar jadi reseller untuk dapat produk langsung dari produsennya.
Yang paling penting aplikasi ini gratis dan bisa dijadikan sarana pendamping UMKM. Konektifa sebagai sarana pendamping UMKM tentunya sangat diharapkan kontribusinya oleh para pelaku UMKM. Disamping itu aplikasi ini juga menyediakan fitur supplier dan reseller yang artinya kita bisa menjadi supplier jika mempunyai produk dan menjadi reseller jika ingin menjual barang namun tidak mempunyai produknya.
Pengguna baru di Konektifa akan mendapatkan pendampingan dari tim Konektifa untuk menerapkan aplikasi ini ke usahanya. Di sini ada pelatihan dan pembinaan untuk membantu UMKM yang sedang mengembangkan usaha. Kita bisa ikut seminar dan workshop langsung dari praktisi bisnis yang difasilitasi Konektifa.

Inilah Aplikasi UMKM dan Sarana Pendamping UMKM Konektifa – Karya Anak Bangsa yang patut dibanggakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Lagu Seventeen Terbaru Download Mp3 Terlengkap

Download Lagu Zaskia Gotik Mp3

Download Lagu Nella Kharisma Mp3 Via Vallen Terbaru Lengkap